Soccer

Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian (jersey) yang berselisih dengan pemain lainnya. Pemain bertahan (back) memiliki tugas utama untuk menghalangi serta menutup pergerakan tim musuh. Pemain tengah (gelandang/playmaker) rata-rata terdiri dari pemain sedang serang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain tetap.

Sebuah tendangan sudut diberikan kepada tim menginfeksi saat bola meninggalkan area permainan setelah terjadi kontak terakhir pada pemain musuh. Tendangan ini diambil dri sudut-sudut lapangan permainan terdekat dimana bola melewati garis gawang. Tendangan sudut dianggap menjadi peluang mencetak gol untuk tim penyerang, walaupun tidak sebaik tendangan penalti atau tendangan bebas langsung di dekat tepi region penalti. Seorang asisten wasit akan mengisyaratkan bahwa tendangan sudut harus diberikan dengan terlebih dahulu mengangkat bendera, kemudian menggunakannya untuk menunjuk di tempat sudut pada lapangan. Tim yang mencetak gol paling banyak dalam akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Pada dasarnya, satu tim bolakaki terdiri dari 1 jamaah penjaga gawang, 2-5 orang pemain bertahan, 2-5 jamaah pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya player dalam sebuah tim yang boleh menggunakan tangan tuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim musuh.

Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dari sebuah match resmi, 3 poin dikasih kepada tim pemenang, zero poin untuk tim yang kalah dan masing-masing just one poin untuk dua bernard yang bermain imbang.

Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker pada tim. Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan ataupun kiri lapangan. Penyerang (striker) memiliki tugas utama tuk mencetak gol ke gawang lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *